Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada tulisan pertama ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman hidup dan semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca lainnya. Setelah lulus kuliah S1 di UNPAD jurusan pertanian jujur saja saya sempat kesulitan mencari pekerjaan meskipun akhirnya dapat juga pekerjaan di dunia ritel. Inilah yang mendorong saya menulis opini belajar wirausaha untuk hidup mandiri.

Waktu berselang tanpa terasa gonta ganti pekerjaan sudah 6 kali saya lakukan, tak satupun pekerjaan yang benar-benar bisa membuat kehidupan saya menjadi layak. Maklum kerja sebagai pegawai swasta di dunia ritel gajinya tidak seberapa, waktu banyak terbuang di pekerjaan. Akhirnya sampailah pada satu titik kesimpulan akhir, Bila anda bekerja di perusahaan swasta ingatlah suatu waktu siap-siaplah anda untuk wira usaha sendiri. Kenapa? tidak ada jaminan bahwa anda akan terpakai di perusahaan swasta tersebut. Bila suatu saat umur anda tidak memadai lagi, tenaga sudah berkurang bersiap-siaplah untuk resign atau didepak tenaga kerja baru. Sebenarnya banyak sekali prospek bisnis usaha yang menjanjikan dan potensial diluar dunia kerja. Hanya niat dan kemauan yang kuat sajalah yang bisa mendorongnya untuk bisa dan berhasil.

Jawaban cuma satu, alangkah lebih baiknya anda memulai wirausaha sejak dini. Keberhasilan harus dibangun dengan tangan sendiri. Perjuangan anda adalah untuk anda sendiri. Masih banyak peluang usaha baru menanti kita.

Sebagai contoh ide bisnis dan sebuah peluang usaha bisa kita lihat dari keseharian kita. Anda suka ngopi atau minum kopi tiap hari? tentu orang lain juga demikian. ide itu didapatkan dari keseharian kita, tidak usah jauh-jauh mencari. Dari hal itu saja kita bisa dapat ide usaha baru yaitu dengan dengan mencoba bisnis warung kopi atau membuka kedai warung kopi. prospek bisnis warung kopi terbukti digemari masyarakat.

Demikian opini singakat mengenai belajar mandiri untuk hidup mandiri. Ingatlah pendidikan boleh tinggi, pekerjaan boleh tinggi tapi yang terbaik adalah bekerja secara mandiri.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Navigation